Skip to main content

Cara kerja sistem pengolahan air ballast pada kapal

Invasif spesies akuatik dalam air ballast kapal adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh industri pelayaran. Berpose ancaman besar terhadap ekosistem laut, spesies air ini telah menyebabkan peningkatan Bio-invasi pada tingkat yang mengkhawatirkan. Di bawah IMO ' s "Konvensi Internasional untuk pengendalian dan manajemen kapal ballast air dan sediments", pelaksanaan rencana pengelolaan air ballast dan ballast sistem pengolahan air di kapal dengan demikian menjadi penting.

Dalam rangka untuk memastikan kapal mereka sesuai dengan aturan dan peraturan yang ditetapkan oleh IMO mengenai ballast Water Management, beberapa operator pengiriman telah mulai menerapkan sistem pengolahan air ballast kapal mereka.
Berbagai teknologi yang tersedia di pasar untuk mengolah air ballast pada kapal. Namun, kendala seperti ketersediaan ruang, biaya pelaksanaan, dan tingkat keramahan lingkungan merupakan peran penting dalam penggunaan jenis tertentu dari sistem pengolahan air ballast.

Sejumlah faktor yang diperhitungkan untuk memilih sistem pengolahan air ballast untuk kapal. Beberapa faktor utama yang dipertimbangkan adalah

Efektivitas pada organisme air ballast
Ramah lingkungan
Keselamatan kru
Efektivitas biaya
Kemudahan instalasi dan operasi
Ketersediaan ruang di kapal

Jenis utama dari ballast pengolahan air teknologi yang tersedia adalah:

Sistem filtrasi (fisik)
Disinfeksi kimia (oksidator dan biosida non-mengoksidasi)
Perawatan ultra violet
Pengobatan deoksigenasi
Panas (Thermal Treatment)
Akustik (perawatan kavitasi)
Pulse sistem plasma
Perawatan Medan magnet

Sebuah sistem pengolahan air ballast khas pada kapal papan menggunakan dua atau lebih teknologi bersama-sama untuk memastikan bahwa air ballast diperlakukan adalah standar IMO.

Pemisahan fisik/sistem filtrasi perawatan air ballast

Sistem pemisahan fisik atau filtrasi digunakan untuk memisahkan organisme laut dan menangguhkan bahan padat dari air ballast menggunakan sedimentasi atau sistem penyaringan permukaan. Air yang ditangguhkan/disaring dan limbah (backwashing) dari proses filtrasi baik dibuang di daerah dari mana pemballast diambil atau dirawat lebih lanjut pada kapal sebelum discharging.

berikut ini peralatan utama yang digunakan untuk filtrasi air Ballast:

Layar/disc: layar (tetap atau bergerak) atau disc digunakan untuk secara efektif menghilangkan partikel padat yang ditangguhkan dari air ballast dengan backwashing otomatis. Ini sangat ramah lingkungan karena mereka tidak memerlukan penggunaan bahan kimia beracun dalam air ballast. Penyaringan layar efektif untuk menghilangkan partikel padat ditangguhkan ukuran yang lebih besar tetapi tidak sangat berguna dalam menghilangkan partikel dan organisme ukuran yang lebih kecil.

Hidrosiklon: Hidrosiklon adalah peralatan yang efektif untuk memisahkan padatan tersuspensi dari air ballast. Gaya sentrifugal kecepatan tinggi digunakan untuk memutar air untuk memisahkan padatan. Sebagai hidrosiklon tidak memiliki bagian yang bergerak, mudah untuk menginstal, mengoperasikan dan mempertahankan kapal.

Koagulasi: karena sebagian besar metode filtrasi fisik tidak dapat menghilangkan partikel padat yang lebih kecil, metode koagulasi digunakan sebelum proses filtrasi untuk menggabungkan partikel yang lebih kecil bersama-sama untuk meningkatkan ukurannya. Sebagai ukuran partikel meningkat, efisiensi selama proses penyaringan yang disebutkan di atas meningkat. Perlakuan semacam itu melibatkan koagulasi partikel yang lebih kecil ke dalam flocs kecil dikenal sebagai flocculation. Flocs menetap lebih cepat dan dapat dihilangkan dengan mudah.

Filter media: sistem pengolahan air ballast fisik dengan filter media juga dapat digunakan untuk menyaring partikel berukuran lebih kecil. Telah ditemukan bahwa kompresi media filter (Crumb Rubber) lebih cocok untuk digunakan kapal karena ukurannya yang kompak dan kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem filtrasi granular konvensional.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar