Skip to main content

Penjelasan Instalasi pengolahan air limbah pada kapal

Membuang limbah yang diproduksi di atas kapal adalah salah satu dari beberapa tugas di kapal yang harus dijaga sepenuhnya jika seseorang ingin menyelamatkan lingkungan laut dan perusahaan pelayaran dari denda yg berat dari pihak otoritas. Limbah yang dihasilkan di kapal tidak dapat disimpan di kapal dalam waktu yang sangat lama dan itu dan limbah itu harus dibuang ke laut.
Pencemaran lingkungan laut
Meskipun limbah dapat dibuang ke laut, kita tidak dapat melepaskan itu langsung secara berlebihan karena ada beberapa peraturan mengenai pembuangan limbah yang perlu diikuti. Limbah di laut umumnya merupakan limbah yang dihasilkan dari toilet, urinals, dan scuppers WC. Aturan mengatakan bahwa limbah dapat dibuang ke air laut hanya setelah dirawat dan jarak kapal adalah 4 mil laut dari tanah terdekat.

Tetapi jika limbah tidak didaur ulang ini dapat dibuang 12 mil laut jauh dari tanah terdekat. Juga, limbah dibuang tidak boleh menghasilkan apapun yang terlihat padatan mengambang atau seharusnya menyebabkan perubahan warna dari air sekitarnya. Rincian peraturan pembuangan limbah dapat ditemukan di MARPOL Lampiran IV.

Jenis yang paling disukai pabrik pengolahan limbah adalah bahwa melibatkan bakteri aerobik. Bakteri anaerobik sama-sama mampu mendekomposisi dan memecah Lumpur tetapi selama proses, mereka menghasilkan dan melepaskan gas berbahaya seperti H2S dan metana yang beracun dan berbahaya bagi organisme akuatik.

Komponen mesin pengolahan limbah

Screen Filter:

Screen filter dipasang di tangki pertama dekat pintu masuk limbah ke STP. Ini membantu dalam menghilangkan non-limbah seperti; kertas toilet, kertas plastik, padatan lain dll, yang dapat menyumbat sistem lengkap jika masuk ke dalam.

BIOFILTER:

BIOFILTER juga merupakan bagian dari ruang aerasi yang memperlakukan kotoran yang lewat dari screen filter. Reaktor BIOFILTER, dengan bantuan gelembung udara baik dipasok dari blower, akan membubarkan zat yang terkontaminasi menyebar dan memecah materi organik oleh mikroorganisme aerobik. Gelembung halus dengan melewati diffuser akan meningkatkan laju transmisi oksigen.

Ruang pengendapan/sedimentasi:

Air limbah yang diolah dari reaktor BIOFILTER akan datang ke ruang berikutnya yang digunakan untuk tujuan menetap. Campuran akan lebih dipisahkan untuk air bermutu tinggi dan sedimen setelah menetap di tangki sedimentasi. Kompartemen klarifikasi biasanya dari jenis Hopper dengan sisi miring yang mencegah menempel dan terakumulasi Lumpur dan mengirimkannya ke sisi hisap tabung angkat udara.

Karbon aktif:

Karbon aktif dipasang pos ruang pengendapan untuk menghilangkan oksigen permintaan kimia (COD) dengan penyaringan dan penyerapan

Klorinator:

Klorinator dipasang di ruang terakhir untuk mengobati air tahap akhir untuk pemakaian berlebihan. Klorinator dapat tablet jenis Dosing atau jenis injeksi kimia. Di dalam tablet-based Chlorinator, air bersih datang langsung dalam kontak dengan tablet klorin, membuat larutan klorin. Klorinator terdiri dari silinder untuk mengisi klorinator dengan tablet.

Blower udara:

Biasanya ada 2 blower udara terpasang, di mana satu bertindak sebagai Stand-by, untuk memasok udara (melalui gelembung udara) membantu dalam membentuk mikroorganisme dalam reaktor BIOFILTER. Hal ini juga membantu dalam mentransfer Lumpur dari tangki sedimentasi, pasokan udara ke tangki karbon aktif dan untuk kembali flush Lumpur.

Pompa pelepasan:

Pompa pelepasan disediakan dalam dupleks dan mereka dipasang pada kompartemen terakhir dari STP. Mereka adalah pompa sentrifugal dari jenis non-Clog yang digabungkan ke motor masing-masing. Pompa dijalankan pada mode Auto dikendalikan oleh switch tingkat dipasang di tangki sterilisasi. Pompa biasanya dijalankan pada modus manual ketika mengambil keluar dari kompartemen setelah membersihkan bagian dalam tangki.

Pipa:

Pipa Inlet yang membawa limbah ke pabrik dipasang dengan kemiringan yang tepat untuk mencegah pembekuan dan kondensasi.

Pipa limbah adalah seperti diatur bahwa lubang di dalam dapat diakses untuk membersihkan selama pemeliharaan.

Outlet pembuangan berlebih harus ditempatkan 200 ~ 300mm lebih rendah dari L. W. L dan pipa discharge disediakan dengan katup non-Return.

Float dan level Switches:

Biasanya, tiga Float switch, yaitu-tingkat tinggi, tingkat rendah, dan alarm tinggi tingkat saklar dipasang di kamar klorinasi/sterilisasi.

Ruang ini juga dilengkapi dengan switch tingkat untuk mengontrol Start-stop dari pompa discharge.

Peraturan area khusus:


Saat ini, wilayah Laut Baltik adalah satu-satunya wilayah khusus di bawah Annex IV. Pembuangan limbah dari kapal penumpang dalam area khusus umumnya dilarang di bawah peraturan baru, kecuali ketika kapal telah dalam operasi pabrik pengolahan limbah yang disetujui dan tambahan memenuhi standar penghapusan nitrogen dan fosfor.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar