Skip to main content

11 Daftar pelabuhan tersibuk di dunia

dikpedia.com - pelabuhan merupakan tempat sandarnya kapal penumpang dan barang, sandar disini dapat didefinisakn sebagai kegiatan muat dan bongkar muatan untuk kapal - kapal atau pintu gerbang untuk masuk ke suatu daerah atau negara dan sebagai infrastruktur penghubung antar wilayah, antar pulau atau bahkan antar negara, benua dan negara. Dengan funsinya tersebut maka pembangunan pelabuhan harus dapat dipertanggung jawab kan baik secara sosial ekomis maupun teknis.
Pelabuhan juga sebagai pintu keluar masuknya berbagai arus, jika dilihat dari asari aspek ekonomi, meliputi arus barang/komoditas, ekspor impor interinsuler, arus penumpang, baik penumpang dari/ke luar negri maupun penumpang dari/ke antar pulau, arus kapal, baik kapal berbendera merah putih maupun bendera asing , arus uang dari berbagai mata uang asinh maupun mata uang nasional, arus dokumen, yakni dokumen menyertai dan melindungi barang/komoditas ekspor impor, sedangkan arus yang non ekonomi arus viru/bakteri yang terbawa penumpang pada arus barang dan arus manusia yang melalui pelabuhan.

Daftar pelabuhan tersibuk didunia, pelabuhan tersibuk disini dapat diartikan sebagai pelabuhan yang paling banyak melakukan kegiatan ekonomi mulai dari export dan inpor barang yang melalui sarana peti kemas :

1. Pelabuhan Shanghai

Pelabuhan Shanghai Mepupakan pelabuhan terbesar di Cina, Pelabuhan Shanghai juga merupakan pelabuhan tersibuk di dunia. Dengan lokasi sentral di sepanjang garis pantai Cina dan Delta Sungai Yangtze, pelabuhan ini mampu mendongkrak daya saing china dalam sektor ekonomi dan bisnis terbukti dengan menangani sekitar 25,7 persen volume perdagangan internasional Tiongkok.

Shanghai memproses 42,01 juta TEUs, naik 4,4% dari tahun 2017
Nilai kargo harian rata-rata: $ 1,6 miliar
Cakupan area mencakup lebih dari 2.200 mil persegi

2. pelabuhan Singapura

Pelabuhan singapura meupakan pelabuhan tersibuk, terbukti dengan banyak kapal kuar masuk dipelabuhan ini, Singapura menghubungkan lebih dari 123 negara dan 600 pelabuhan dari tempatnya di ujung selatan Semenanjung Melayu. total tonase kapal di bawah bendera Singapura yang naik 2,4% dari 88,8 juta gt tahun 2017 menjadi 90,9 juta gt pada 2018.

3. Pelabuhan Shenzhen

Pelabuhan Shenzhen memiliki panjang pantai sekitar 230 kilometer, dengan beberapa pelabuhan, seperti Shekou dan Yantian. Sementara itu, pelabuhan internasional Shenzhen,
termasuk terminal kontainer Chiwan dan Shekou, merupakan pelabuhan terbesar di
China daratan. Karena lokasinya yang sangat dekat dengan Hongkong, Shenzhen
betul-betul diarahkan menjadi kota internasional yang mengembangkan
perdagangan internasional. Zona Ekonomi Khusus yang disandang kota ini
mempercepat usaha menjadikan pelabuhan Shenzhen pelabuhan internasional yang
memiliki terminal kontainer multifungsi.

4. Pelabuhan Ningbo-Zhoushan

Pelabuhan Ningbo-Zhoshan mengakomodasi angkutan laut untuk tiga sungai utama, yaitu Sungai Yangtze, Yong, dan Qaintang. Pelabuhan ini baru selesai renovasi pada 2014. Sebelum renovasi, kapasitas terpasang pada 2012 mencapai 16,83 juta TEUs atau sekitar 744 juta ton. Setelah selesai direnovasi, kapasitasnya melejit mendekati 30 juta TEUs.

6. Pelabuhan Busan

Terletak di ujung selatan semenanjung Korea, Pelabuhan Busan adalah kota metropolitan dengan populasi 3,5 juta penduduk. Pulau Yong membelah Pelabuhan Busan, menghubungkan ke daratan dengan jembatan gantung - sisi timur berfokus pada perdagangan, dan sisi barat berpusat di sekitar penangkapan ikan. 

Diperkirakan oleh Otoritas Pelabuhan Busan (BPA) bahwa throughput peti kemas di Pelabuhan Busan tumbuh 5,8% YoY menjadi 21,67 juta TEU, membersihkannya dengan tujuan menangani 21,5 juta TEU dan membuat rekor tahunan baru. Karena kelesuan dalam ekonomi domestik, ekspor dan impor mencapai 10,22 juta TEUs, hampir tidak berubah dari tahun sebelumnya. Sebaliknya, kontainer transshipment (T / S) melonjak 11,5% menjadi 11,46 juta TEUs, volume tertinggi sejak pelabuhan beroperasi. Perusahaan pengapalan Korea Selatan dan lainnya bertanggung jawab atas 35% dan 65% dari total pengangkatan kontainer, yang juga hampir tidak berubah.

BPA telah menetapkan target untuk memproses 22,5 juta TEUs kontainer pada 2019, naik 3,8% dari 2018, termasuk 12 juta TEUs kontainer T / S.

7. Pelabuhan Dubai

Siapa yang tidak kenal dubai dengan segala kemewahannya, dubai menjadi tujuan destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi, Terpilih sebagai "Pelabuhan Terbaik di Timur Tengah" oleh Komite Tinggi untuk Pelabuhan Sipil UEA dan Keamanan Bandara, Pelabuhan Jebel Ali di Dubai dibuka pada tahun 1979 untuk melengkapi Pelabuhan Rashid. Ini adalah pelabuhan yang paling banyak digunakan di luar Amerika Serikat oleh Angkatan Laut AS.

DP World mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis. Perusahaan yang berbasis di Dubai ini menangani 17,5 juta unit setara dua puluh kaki (TEU) pada kuartal pertama di seluruh terminal globalnya.

8. Pelabuhan Savannah

Savannah adalah pelabuhan utama U. S. yang terletak di Savannah, Georgia. Fasilitasnya dapat menghubungkan kedua sisi Sungai Savannah sekitar 18 mil (29 km) dari Samudra Atlantik.

Dioperasikan oleh Georgia Ports Authority (IPK), Pelabuhan Savannah masuk kedalam kategori pelabuhan kontainer terbesar di amerika. Dan memberikan keuntungan pajak sesuai dengan jumlah troughput TEU Kontainer yang ditanganinya.

9. Pelabuhan Rotterdam

Pelabuhan Rotterdam-Belanda sebagai pelabuhan konektifitas di kawasan Eropa, Pelabuhan Rotterdam mampu mengakses bongkar muat barang hingga total 500 miliar ton di tahun 2014, dengan sekitar 300.000 orang menyerap tenaga kerja. Perusahaan Havenbedrijf Rotterdam N.V. yang mengkordinir Pelabuhan Rotterdam, menyewakan gedung atau lahan untuk sejumlah perusahan dibidang Maritim.  Havenbedrijf Rotterdam N.V. juga mengatur efisiensi dan keamanan lalu lintas pelayaran dengan mengupayakan pembangunan infrastruktur pelabuhan, dermaga, maupun penunjang infrastruktur bagi pengguna kawasan pelabuhan

10. Pelabuhan Chiba

Pelabuhan Chiba telah ditunjuk sebagai pelabuhan yang sangat penting, vital bagi perdagangan luar negeri, dan menawarkan volume penanganan kargo tingkat tinggi di Jepang. Ini telah memainkan peran gerbang laut ke daerah ibu kota, sebagai salah satu pelabuhan internasional utama yang mendukung kegiatan ekonomi. Yang paling penting adalah pembukaan terminal peti kemas di Dermaga Pusat Chiba (Juni 1994), yang sekarang memungkinkan kapal peti kemas dari lima rute liner yang melayani Korea Selatan, Asia Tenggara, Taiwan, Thailand, dan Shanghai untuk mengunjungi pelabuhan, lebih jauh meningkatkan jaringan rute dan mencakup hampir seluruh wilayah Asia Tenggara.

11. Pelabuhan Antwerpen

Pelabuhan Rotterdam, yang terletak di Flandria, Belgia. Pelabuhan ini berada di tepi kanan Sungai Scheldt, sekitar 88 kilometer (54,7 mi) tenggara dari Laut Utara.[1] Pada tahun 2014, pelabuhan ini berada di peringkat internasional ke-17 sebagai pelabuhan teratas berdasarkan besar volume kapasitas TEU peti kemas.

Secara geografis, Pelabuhan Antwerpen terletak di daerah dekat muara Sungai Scheldt bagian barat. Muara ini merupakan akses satu-satunya bagi pelabuhan tersebut menuju Laut Utara.[note 1] Oleh karena itu, muara bagian barat inilah yang menjadi sarana yang dianggap penting bagi aktivitas perdagangan laut di Pelabuhan Antwerpen.

Sumber Refrensi :
- https://container-news.com/box-volumes-chinese-ports-increased-2018/
- https://www.seatrade-maritime.com/news/asia/singapore-container-port-volumes-up-8-7-in-2018/
- https://www.jiffa.or.jp/en/news/entry-5669.html
- https://www.thenational.ae/business/economy/dp-world-reports-flat-first-quarter-volumes-amid-global-trade-tensions-1.853639
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar