Skip to main content

Fakta-fakta Menakjubkan tentang Laut Hitam (Black Sea)

Laut Hitam juga sering disebut dengan Laut Euxine, adalah salah satu laut pedalaman yang terkenal di dunia.  Laut yg terletak di Samudra Atlantik ini, yang terletak di antara Eropa Timur dan Asia Barat, telah telah melegenda dalam jangka waktu yang cukup lama. Orang mengenalnya Telah karena namanya yang menunjukkan sifat yang agak ramah, tetapi juga karena pemandangannya yang secara mengejutkan tidak biasa. 
Untuk waktu yang lama, telah disebut sebagai laut yang tidak ramah dan kurangnya keramahan dari laut ini disebabkan oleh kesulitan navigasi. Pelaut kuno menganggap laut Hitam sebagai laut yang sulit dinavigasi karena pantainya dihuni oleh suku-suku yang buas. Selain itu, sifat anoxic dari Black Seawater, karena proses dekomposisi yang lambat pada lapisan air yang lebih rendah, juga menghasilkan beberapa rumor yang menakutkan itulah membuat laut menjadi terkenal.
Namun, namun seiring waktu berjalan citra Laut Hitam, sebagai salah satu laut yang paling sulit dinavigasi, lama lama mulai berubah Sebagai rumah bagi para penikmat flora dan fauna yang kaya dan indah dan lebih dari sepuluh pulau kecil.
Laut Hitam kini telah muncul sebagai salah satu tempat destinasi wisata populer di dunia. Ada fakta-fakta menarik yang membuat Laut Hitam menjadi daya tarik bagi penggemar pebggemar wisata bawah laut, Berikut adalah fakta menarik tentang laut hitam, disimak ya

1. Di ​​manakah Laut Hitam itu?

Tersebar di area seluas 436.400 km2, laut hitam terletak di Eurasia, dikelilingi oleh Eropa, Kaukasus, dan Anatolia. Negara-negara berbagi perbatasan dengan Laut Hitam termasuk Rumania, Turki, Bulgaria, Ukraina, Rusia, dan Georgia.Perairan ini juga dikelilingi oleh Pegunungan Pontic, Caucasus, dan Crimean di selatan, timur dan utara. Itu juga dibatasi oleh pegunungan Strandzha di barat daya dan Dataran Tinggi Dobrogea di barat laut.
Dengan kedalaman maksimum 2.212 m, laut pedalaman ini adalah titik pertemuan sejumlah sungai seperti Danube, Bug Selatan, Dnieper, Rioni dan Dniester. Laut Hitam terhubung dengan Laut Mediterania melalui Selat Bosporus, dan kemudian melalui Laut Marmara dan Selat Dardanella.Laut Hitam juga terhubung dengan Laut Aegean dan Laut Kreta sebelum bertemu Mediterania.
Kenapa dinamakan laut hitam (Black sea)
Asala usul namanya memanh sangat jarang diketahui adalah Ada berbagai teori tentang bagaimana laut ini bisa dipanggil dengan nama khusus ini. Teori menunjukkan bahwa sebelum disebut sebagai Laut Hitam, Laut ini sering disebut lauy'' Laut yang tidak ramah, 'sebagian besar karena adanya suku-suku buas di pantainya. 

2. Kenapa Disebut Laut Hitam?

Salah satu data terbaik dari Laut Hitam dan sedikit yang diketahui adalah asal usul namanya, yang masih belum jelas. Ada beberapa teori tentang bagaimana laut ini bisa disebut dengan nama khusus ini. Teori ini menunjukkan bahwa sebelum disebut Laut Hitam, genangan air disebut "lautan yang bermusuhan", sebagian besar disebabkan oleh keberadaan suku-suku liar di pantai mereka. Setelah Yunani mengambil pantai, namanya diubah menjadi "ramah". Ada juga referensi yang mengatakan bahwa laut dikenal sebagai 'Laut' untuk beberapa waktu. Namun, laut ini telah menerima banyak nama selama berabad-abad oleh orang yang berbeda, tetapi nama khusus ini adalah yang paling terkenal, yang diyakini diberikan oleh orang Turki abad pertengahan. Dokumen sejarah menunjukkan bahwa, selama periode Kekaisaran Ottoman,

Ada lebih banyak hipotesis yang menunjukkan beberapa alasan di balik asal mula nama Laut Hitam. Menurut satu argumen, badai selama musim dingin membuat air di Laut Hitam tampak hitam, menyebabkan para pelaut menyebutnya Laut Hitam. Teori lain menyatakan bahwa benda yang tenggelam mendapatkan endapan hitam setelah periode waktu tertentu. Penemuan barang-barang ini di seberang lautan mungkin menjadi alasan di balik nama mereka.

3. Apakah ada kehidupan di Laut Hitam?


Salah satu fakta paling menarik tentang Laut Hitam adalah airnya yang anoksik. Tepatnya, tidak ada oksigen di dalam air. Laut Hitam adalah badan air terbesar dengan cekungan meromisidal, yang berarti bahwa pergerakan air antara lapisan bawah dan laut adalah fenomena langka yang ditemukan di mana-mana di dunia. Ini menciptakan perbedaan suhu yang cukup besar antara lapisan-lapisan ini dan membuat lapisan bawah mutlak bebas oksigen dan karenanya tidak aktif.

Pada saat yang sama, Laut Hitam menerima air segar dari sungai dan curah hujannya. Namun, Laut Hitam hanya menyaksikan pemindahan air ke Laut Mediterania. Ketika perpindahan terjadi di Bosporus dan Dardanella, ada aliran air Mediterania yang padat di dasar cekungan, sementara aliran permukaan Laut Hitam terjadi di dekat permukaan cekungan. Karena ada campuran yang sangat rendah antara dua lapisan air di Laut Hitam, kehidupan laut tidak dapat bertahan hidup di zona anoksik Laut Hitam. Hanya air permukaan yang kaya oksigen dari Laut Hitam yang mendukung kehidupan laut.

4. Titik Pendaratan Bahtera Nuh?

Menurut beberapa ahli geologi laut, Laut Hitam adalah danau air tawar sekitar 7.000 tahun yang lalu sebelum naiknya air di Laut Mediterania menyebabkan air asin masuk ke danau. Menurut teori ini, banyak yang berpendapat bahwa yang disebut dengan banjir mewakili bencana banjir yang disebutkan dalam kisah Bahtera Nuh dalam Alkitab. Cerita mengklaim bahwa bahtera Noha berhenti di lereng Gunung Ararat di Turki setelah banjir berakhir. Dari waktu ke waktu, para arkeolog kelautan berdebat untuk mendukung dan menentang klaim ini. Namun, karena kurangnya bukti ilmiah yang dapat diandalkan, sejarah khusus Laut Hitam ini masih menjadi bahan perdebatan.

5. Bagaimana rasanya berenang di Laut Mati?

Permukaan Laut Hitam tetap sama sepanjang waktu karena tidak ada pasang surut. Ini berarti bahwa laut tidak berfluktuasi di permukaan air, jadi itu adalah laut yang tenang, tenteram dan tenang di permukaan.

Menariknya, karena semua karakteristik air yang langka di Laut Hitam, banyak yang bertanya-tanya apakah mungkin untuk berenang di laut. Dengan permukaan air tawar yang bersih, dimungkinkan untuk berenang di Laut Hitam; Meskipun menawarkan pengalaman berbeda dengan badan air lainnya. Dengan karakteristiknya yang khas, yang meliputi kadar mineral dan garam yang tinggi, benda-benda umumnya cenderung mengapung di air.

6. Pulau ular yang menakutkan?

Laut Hitam adalah rumah bagi banyak pulau kecil. Pulau-pulau ini berjumlah sekitar sepuluh dan menyimpan berbagai spesies fauna dan flora yang membuat laut ini lebih unik. Pulau-pulau ini, sebagian besar milik negara-negara seperti Bulgaria, Ukraina, Turki dan Rumania, juga termasuk Pulau Ular, yang terletak di dekat Delta Danube. Pulau St. Thomas di Bulgaria juga terkenal karena keberadaan ular beruban yang memakan ikan di perairan sekitar pulau. Pulau-pulau terkenal lainnya di Laut Hitam termasuk St Anastasia (Bulgaria), Berezan dan Giresun (Turki), St. Cyricus (Bulgaria) dan Dzharylgach (Ukraina) dll. Yang paling penting adalah bahwa pulau-pulau di Laut Hitam ini telah menjadi tempat wisata penting, memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara ini.

7. Rumor Menyeramkan Orang mati di bawah air?

Apa yang tampaknya fakta yang menarik dan hampir menakutkan adalah bahwa diyakini bahwa orang mati bertahan hidup di perairan Laut Hitam. Sisa-sisa perahu dan manusia dan bahan biodegradable lainnya seperti tali, kayu, dll. Mereka masih dapat ditemukan di dasar laut, ratusan tahun setelah mereka memasuki perairan Laut Hitam. Walaupun fakta ini tampak menggairahkan, penjelasan ilmiah tentang hal ini disebabkan oleh sifat anoksik dari lapisan air di bawah air, proses dekomposisi lambat, oleh karena itu, sisa-sisa mayat orang mati di air laut tetap Sayangnya, fenomena ini telah menyebabkan terciptanya serangkaian rumor tentang Laut Hitam.

8. Tujuan favorit untuk kapal pesiar?

Terlepas dari semua misteri yang terkait dengan Laut Hitam, faktanya adalah badan air ini adalah tujuan liburan utama tahun ini. Dengan gunung-gunung tinggi dan pantai-pantai yang indah, negara-negara di tepi Laut Hitam menampung para penikmat marina dan pariwisata. Selain keindahannya, pentingnya sejarah dan arkeologi Laut Hitam juga menyambut setiap tahun sejumlah besar kapal pesiar di wilayah tersebut.

Penutup

Demikian artikel ini diterbitkan atas dasar ketertarikan dan minat mengulas tentang laut hitam yang banyak konon katanya banyak mitos, terutama dikalangan para peluat yang telah mengarungi samudera luas, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar