Skip to main content

Perencanaan keuangan untuk pelaut (menabung atau investasi)

Apa itu tabungan dan apa yang kita pahami dari investasi? Terkadang terus mendengar dua istilah ini secara bergantian; Apakah ini berarti mereka sama? Mungkin tidak dikarenakan bentuk tulisannya kan beda juga 😁
 Perencanaan keuangan untuk pelaut (menabung atau investasi)

Butuh waktu lama bagi saya untuk belajar membedakan antara keduanya dan saya harus membentuk definisi sendiri untuk menjelaskan kepada teman Sekali lagi saya tekankan definisi ini tidak ada di buku mana pun 😁

Ketika kita menyimpan sebagian dari uang kita Anda entah itu uang saku dari orang tua kita saat kita masih sekolah dan menyimpannya di celengan, Bank di bawah kasur itu bisa disebut TABUNGAN. Tetapi penyimpanan ini tidak mendapatkan bunga yg stimpal jika jumlahnya sedikit, malah akan berkurang kena potongan admin bila dibank, tetapi itu masih akan disebut Tabungan.

Uang tidak berubah bentuk dan sebagian besar tetap dalam mata uang yang sama sampai Anda memutuskan untuk mengubahnya. Tabungan umumnya bebas risiko, tetapi menawarkan sangat sedikit melalui kenaikan, mungkin tidak efisien pajak dan TIDAK akan pernah mengikuti inflasi. Ini berarti bahwa nilai riil uang Anda akan selalu berkurang dari waktu ke waktu dan dalam jangka panjang.

Ketika seorang pelaut membeli saham, tanah, flat, rumah, emas atau memberikannya kepada seseorang untuk melakukan bisnis sebagai pinjaman dengan janji bagian dari keuntungan (apakah itu telah diberikan kepada Anda atau tidak sama sekali) mata uang itu akan segera berubah bentuk. Nah inilah yg dinamakan INVESTASI. Nilai investasi ini dapat tetap sama, menurun atau meningkat tanpa batas. Semua ini dan banyak lagi jalan disebut INVESTASI.

Jadi, untuk memulainya, harus jelas bahwa kita harus membagi antara uang Tabungan dan Investasi. Dalam investasi, kita akan belajar sedikit demi sedikit bahwa kita harus mendistribusikan uang kita ke semua sektor, yaitu real estat, saham atau reksa dana, emas, dan aset berharga lain yang dapat kita dipelajari nanti.

Saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang investasi sekarang.

Setelah mendapatkan uang, Anda dapat menyimpannya terlebih dahulu dan kemudian nanti mendistribusikannya untuk investasi Anda.

Pertama, saya akan berbicara tentang investasi dalam saham dan pasar modal, karena ini adalah bentuk investasi yang paling populer tetapi berisiko. Tetapi ini adalah cara yang perlu dan jika kita memahaminya dengan baik dan mencari cara yang tepat untuk bergerak, itu akan menjadi teman baik Anda dan tentunya sangat menguntungkan untuk perkembangan selanjutnya

INVESTASI - DI PERUSAHAAN
Ini akan membentuk bab paling penting dari seri di mana kita akan mulai membahas labirin yang disebut "Investasi". Mereka yang terbiasa dengan bidang ini juga dapat terus membaca karena pasti ada informasi yang berguna bagi mereka.

Suatu negara tergantung pada infrastruktur dan fasilitas yang dapat ditawarkannya. Ini adalah alasan mengapa kita memperlakukan negara-negara Barat sebagai negara maju dan kita juga merasakan kenyamanan dan kemudahan ketika negara kita berkembang dan maju.

Infrastruktur dan fasilitas ini dalam hal sumber daya material dan manfaat seperti perbankan, produk Petro, fasilitas kesehatan dan obat-obatan, barang modal atau industri, barang konsumen dan semua hal lain yang tidak termasuk dalam daftar disediakan oleh perusahaan yang Sektor Publik (dimiliki oleh pemerintah). ) atau sektor yang dikendalikan secara personal atau pribadi. Ketika perusahaan sektor publik membutuhkan uang untuk menghasilkan, pemerintah hanya mengambil sebagian dari pajak yang dibayarkan oleh warga dan memberikannya kepada Perusahaan Sektor Publik yang menyebutnya uang itu sendiri. Ini juga dapat berfungsi seperti yang dijelaskan di sebelah perusahaan swasta.

Jika perusahaan swasta terbatas membutuhkan uang, Anda dapat memperolehnya dengan beberapa cara:
  • Memperoleh pinjaman swasta: pinjaman tersebut dapat diperoleh dari pemberi pinjaman swasta atau lembaga keuangan seperti IFCI, IDBI dan perusahaan reksadana yang memiliki dana khusus untuk pinjaman yang akan memberikan tingkat bunga tetap, sesuai dengan periode dan profil risiko perusahaan.
  • Deposit Tetap Perusahaan: Seperti deposito tetap Bank, perusahaan menerbitkan deposito tetap yang tidak dijamin oleh siapa pun, kecuali reputasi perusahaan. Oleh karena itu, jelas bahwa perusahaan yang kurang dikenal atau berisiko akan menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada perusahaan yang lebih aman.
  • Kewajiban: mereka juga termasuk dalam beberapa kategori dan menawarkan tingkat bunga tetap kepada investor. Suku bunga ini mungkin lebih dari bank, tetapi dikenakan pajak dan tidak selalu terbuka untuk NRI atau ekspatriat.
  • Tindakan: ini adalah cara paling populer untuk menambah modal oleh perusahaan dan juga paling likuid dan berisiko daripada dalam bahasa umum. Ketika membeli saham perusahaan mana pun, orang tersebut menjadi investor dan juga pemegang saham perusahaan, sekecil apa pun jumlah sahamnya.
Itulah mengapa penting untuk menyebutkan bahwa keempat instrumen diatas (walaupun ada lebih banyak) adalah karena masing-masing instrumen akan secara langsung atau tidak langsung membentuk elemen-elemen filosofi investasi anda dimasa mendatang

Jika sebuah perusahaan bangkrut, akan tercipta uang tunai setelah menjual perusahaan, uang itu dikembalikan dalam urutan yang diutamakan di atas yang dibayarkan pertama kepada kreditur, ke FD berikutnya, ke hutang berikut, dan akhirnya, jika ada sesuatu yang tersisa dibayarkan kepada pemegang saham. Ini karena pemegang saham adalah mitra dalam bisnis dengan pemilik (disebut promotor setelah perusahaan diumumkan).

Ini juga untuk menjelaskan keseriusan investasi yang Anda lakukan ketika Anda membeli salah satu di atas, karena dengan fasilitas Internet sekarang Anda dapat membeli apa saja kapan saja dan kapan saja, asalkan Anda memiliki izin untuk melakukannya secara legal.

PASAR MODAL DAN MODAL
Saham perusahaan mana pun dapat dibeli dua kali. Salah satunya adalah (penawaran umum perdana) ketika sebuah perusahaan diumumkan untuk pertama kalinya. Pada saat ini, bagian dari nilai nominal yg akan memiliki premi tertentu. Anda mungkin menerima kurang dari jumlah yang diminta dan mungkin tidak ada sama sekali.

Setelah perusahaan terdaftar di bursa saham, Anda dapat berjalan ke pialang saham, ke divisi modal bank Anda atau ke layanan online dari beberapa perusahaan keuangan, dan membeli no. tidak ada tindakan Anda hanya akan diminta untuk membuka akun Demat dan akun Trading. Akun operasi akan membutuhkan uang, yang akan menjadi batas pembelian Anda. Ini SEDERHANA.

Kesederhanaan berakhir di sana karena ada banyak perusahaan yang terdaftar di bursa. Anda tidak hanya harus memutuskan perusahaan mana yang akan dibeli, tetapi Anda juga harus mengalokasikan pembelian saham Anda dalam hal sektor seperti Farmasi, Teknik, Barang Konsumsi (FMCG), Petro, dll. Dan juga dalam hal kapitalisasi pasar (yang menentukan seberapa besar atau kecil perusahaan itu).

Ini bisa menjadi tugas yang sulit bagi para navigator ya, bagaimanapun, dapat memiliki fasilitas Internet untuk melacak perusahaan di dalamnya. Tetapi bagaimana Anda tahu tentang berita dari perusahaan lain dan faktor-faktor lain yang dapat bersifat politis dan ekonomis yang dapat memiliki efek ganda pada perusahaan? 

Apa yang mungkin belum Anda dengar adalah bahwa seluruh pasar saham menghilang dan pemerintah tidak mengambil tindakan.

Bukannya itu tidak mendorongnya untuk membeli saham dan mengarahkannya ke mode investasi tertentu. Yang ingin saya katakan adalah bahwa, sebagai profesional yang mendapat informasi ,Anda harus terlebih dahulu menyingkirkan (menghilangkan) risiko Anda dan, jika Anda tidak bisa, paling tidak cobalah menguranginya dengan mengambil langkah-langkah kecil.

Sekalipun penasihat atau investor yang paling tahu tentang Anda adalah perusahaan yang sangat baik, itu tidak cukup. Anda harus tahu berapa harga untuk membeli dan berapa banyak untuk dijual dan kapan.

Pengetahuan persis inilah yang tidak dimiliki oleh investor biasa dan, kadang-kadang karena anugerah, investor paling pasif yang membeli saham dan melupakannya selama dua dekade: tanah dengan manfaat tak terduga. Namun kisah ini tidak bisa sering diulang.

Memberikan pinjaman modal
Ini juga merupakan inverstasi yg cukup menggiurkan, dengan cara ini pendapatan anda sebagai pelaut teruang sia - sia. Semisal ada kolega anda yg ingin mengjak anda untuk mendirikan sebuah toko entah toko apapun itu, ini juga peluang emas anda untuk berinvestasi, dengan demikian keuangan anda akan terus meningkat dikarenakan anda telah menanam sebagian saham bahkan juga bisa full itu teegantung dari kesepatan bersama

KESIMPULAN
Itu semua merupakan langkah yg cukup jitu untuk anda lakukan untuk mengembangkan keuangan anda, tentunya ini akan sangat membantu negera kita dari segi aspek kuangan, saya telah melihat bagaimana menjadi pemegang saham di perusahaan, kita dapat menjadi mitra dalam bisnis dan tumbuh bersama perusahaan, jika model bisnisnya benar. Pada saat yang sama, saya tidak menyarankan anda untuk berinvestasi dalam saham secara langsung sampai Anda mulai memahami permainan secara betul. Reksadana adalah mode investasi paling efisien dan sederhana di pasar modal karena jumlah minimum yang dibutuhkan untuk berinvestasi sangat kecil. Setelah memulai investasi awal Anda, Anda dapat terus menambahkan sedikit demi sedikit setiap bulan.

bacalah artikel ini dengan sangat baik, karena itu akan menjadi dasar diskusi kita di masa depan, dan saya yakin itu akan sangat menarik. Well selamat berinvestasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar