Skip to main content

Bill of Lading Jenis dan fungsi lengkap dengan gambar

Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang bill of leding yg sangat penting ketika melakukan export barang, Jika kita pisahkan istilah "bill", itu didefinisikan sebagai pernyataan cetak atau tertulis dari biaya untuk barang atau jasa yang disampaikan atau akan dikirim. Istilah "Lade" berarti menempatkan muatan pada kapal atau bentuk lain dari pembawa barang
Dengan demikian, Bill of lading dalam pengiriman dapat disimpulkan bahwa  of leding adalah dokumen barang yg diexport yang telah diterima di kapal. Yg mana dalam dokumen bill of leding tersebut memuat nama pengirim barang, penerima barang, jenis dan nama barang, tonase barang tersebut, nama media pengangkut, nama pelabuhan muat serta bongkarnya, bill of leding juga merupakan dokumen yang menetapkan kesepakatan antara pengirim dan perusahaan pelayaran untuk pengangkutan barang.  Perusahaan pelayaran (carrier) menerbitkan Catatan ini kepada pengirim.
Sebuah Bill of lading menandakan pembawa tertentu yang melaluinya barang telah ditempatkan ke tujuan akhir mereka dan kondisi untuk mengangkut pengiriman ke tujuan akhir. Baik melalui darat, laut dan udara

Seberapa penting sih Bill of lading Petugas tidak memerlukan semua  dokumen asli untuk dikirim sebelum pengiriman. Oleh karena itu penting bahwa eksportir mempertahankan kontrol atas set lengkap asli sampai pembayaran dilakukan atau tagihan pertukaran diterima atau beberapa jaminan lain untuk pembayaran telah diberikan kepadanya.

Salinan asli Bill of lading disediakan untuk sarana pengangkut

Bill negotiable of lading: dalam jenis tagihan, instruksi yang jelas disediakan untuk membuat pengiriman barang kepada siapa pun memiliki kepemilikan salinan asli tagihan, yang itu sendiri menandakan judul dan kontrol dari barang. Dalam jenis tagihan, pembeli/Penerima atau/nya agen harus mendapatkan dan menyajikan salinan asli Bill of lading di pelabuhan discharge. Dengan tidak adanya salinan asli tagihan, angkutan tidak akan dilepaskan.

Bill of lading dokumen dimaksudkan untuk bertindak sebagai dokumen transportasi yang berfungsi sebagai bukti kontrak pengangkutan barang. Sebuah RUU negotiable lading memiliki kualitas hukum berikut:

Ini mewakili sebagai tanda terima yang mendukung bahwa pembawa telah menerima kargo sesuai kontrak dan barang yang diterima dalam kondisi baik.

Ini adalah dokumen judul, memungkinkan penjualan barang dalam transit dan peningkatan kredit keuangan.

Sebagian besar sistem lokal dan internasional tidak menganggap Bill of lading sebagai dokumen judul. Ini menyediakan hak untuk pengiriman yang akan dibuat kepada pemiliknya

Set Bill of lading:

Ini adalah praktek lama di mana tagihan ditandatangani dalam set tiga asli untuk memfasilitasi barang yang tepat waktu disampaikan bahkan ketika asli hilang. Mereka dinyatakan sebagai pertama asli, kedua asli, ketiga asli di atas tagihan. Salinan duplikat dengan stempel-"non-negotiable" juga dapat didistribusikan.

Kontrak antara pembawa dan pengirim sudah dibuat sebelum mengeluarkan Bill of lading ketika kargo dimuat di kapal. Hal ini dilakukan untuk melindungi pengirim jika kargo rusak sebelum memuatnya di dalam kapal dan untuk membantu pengirim dalam proses klaim. Untuk pembawa dan penerima barang, Bill of lading akan bertindak sebagai kontrak pengangkutan yang sebenarnya.
  • Hamburg line
  • Rotterdam Line
  • Hague Line
  • US COGSA
  • Hague Visby
  • Evergreen Line
  • Maersk Line
oleh karena itu dokumen bill of leding adalah masalah yang sangat penting ketika membuat pengiriman untuk memindahkan kargo atau barang dari satu pelabuhan tolak kepelabuhan tujuan. Di satu sisi itu adalah kontrak antara pembawa dan pengirim untuk pengangkutan barang dan di sisi lain, itu berfungsi sebagai tanda terima yang dikeluarkan oleh pembawa ke pengirim.

Oleh karena itu, Bill of lading dianggap sebagai dokumen hukum yg sah yang menyediakan semua rincian penting untuk pengirim dan pembawa untuk mudah memproses pengiriman barang melalui negara-negara maritim yang berbeda dan faktur dengan benar.

Negotiable dan non-negotiable Bill of lading?
Tagihan non-negotiable: jenis ini Bill of lading perbaikan consignee tertentu/nama Penerima kepada siapa freights akan dikirim dan disampaikan. Namun, tidak sendiri melayani kepemilikan barang. Di bawah jenis tagihan, yang ditugaskan Penerima/pembeli dapat mengklaim kargo dengan mengkonfirmasi identitas mereka.

Tujuan Bill of lading:
Ini bertindak sebagai bagian dari bukti untuk kontrak kereta yang berisi syarat dan kondisi di mana transportasi barang akan dilakukan
Contoh bill of leding 
Jenis Bill Of Lading
Sperti yang kita tahu, bill of lading ini adalah bagian dari surat tanda terima barang yang akan dikirimkan melalui pelayaran. Isinya tentu saja tanda bukti kepemilikan barang dan perjanjian kontrak pengiriman barang melalui jasa pelayaran. Jenis bill of lading ini dibedakan berdasarkan pernyataannya.

1. Charter party bill of lading
Bill of lading ini merupakan dokumen tentang pengangkutan barang menggunakan “charter” atau biasa diartikan sewa borongan seluruh atau sebagian kapal hanya untuk mengirim barang tersebut.

2. Combined transport bill of lading
Bill of lading ini digunakan saat ada pengiriman barang transshipment yang barangnya kemudian dilanjutkan dikirim melalui angkutan darat.

3. Liner bill of lading
Dokumen ini dipakai untuk menunjukkan bahwa pengangkutan barang yang akan dilaksanakan telah memiliki jalur persinggahan dan perjalanan yang sudah terjadwal.

4. Long form bill of lading
Bill of lading ini berisi seluruh persyaratan pengangkutan yang datanya sangat rinci.

5. Received for shipment bill of lading
Data ini menunjukkan bahwa barang yang sudah dikirimkan melalui pelayaran sudah diterima oleh perusahaan pengiriman. Namun barang masih belum dimuat hingga batas waktu yang ditentukan dikarenakan suatu hal.

Master akan menandatangani Bill asli lading, dan ketika master agen menandatangani tiga Bill of lading, semua salinan lainnya dianggap batal. Klausul ini jelas ditulis pada Bill of lading yang disediakan dalam set.
Ini adalah alasan mengapa Bank, menegosiasikan Surat kredit yang mencakup kargo, akan selalu meminta set lengkap B/LS. Hal ini untuk mencegah pemegang B/L lain yang secara hukum mengklaim kargo sebelum Bank melakukannya.
Bill of lading sebagai kontrak pengangkutan:
Perusahaan pelayaran yang populer digunakan dan aturan yang mencakup kontrak pengangkutan untuk mengangkut barang melalui laut:

Perusahaan pelayaranlah yang mengatur kontrak kapal biasanya dinyatakan dalam halaman pertama dari Bill of lading. Setelah memesan ruang untuk pengiriman oleh penerima barang, petugas mengirimkan konfirmasi pemesanan yang menyatakan klausul yang dikirim oleh maskapai, itu akan menunjukkan syarat dan ketentuan yang akan mengatur pemesanan dan kontrak pengangkutan
Kepemilikan suatu B/L dapat dibedakan kepada beberapa hal antara lain:
Jenis Bearer ini sangat jarang digunakan. bearer dapat diartikan sebagai pemegang B/L dan setiap orang yang memiliki Bearer B/L dapat menagih barang-barang yang tersebut pada B/L. Jenis ini mencantumkan kata “bearer” di bawah alamat consignee. Kebanyakan syarat B/L ini ditandai di depan atau di belakang dengan mencantumkan kata order pada kotak consignee pada B/L yang bersangkutan didepan, Pemilikan B/L ini dapat dipindahkan oleh consignee kepada orang lain dengan endorsement yaitu menandatangani bagian belakang B/L tersebut., Bila sebuah B/L diterbitkan dengan mencantumkan nama si penerima barang (consignee) maka B/L tersebut disebut B/L atas nama (straight B/L).

Pada straight B/L memakai kata-kata “consigned to” atau “to” yang diletakkan diatas alamat dari consignee tersebut. Jika menginginkan pemindahan hak milik barang-barang tersebut maka harus dengan cara membuat pernyataan pemindahan hak milik yang disebut declaration of assignment, dan bilamana dilakukan endorsement maka pemindahan pemilikan tersebut tidak dianggap berlaku.
Demikin artikel tentang bill of leding semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca sekalian 😊
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar