Skip to main content

Mengenal Istilah Penting Pada Google AdSense

kamu baru mengenal google adsense ini dan anda sampai ke artikel ini serta bingung dengan apa saja yang ada pada menu serta dashboard dalam adsense nah di artikel kali ini kita akan mengenal beberapa istilah yang sering kita jumpai, ada beberapa istilah tersebut antara lain RPM, CPC, CTR, CPM dan eCPM, sebenarnya istilah tersebut adalah informasi analisa yang di berikan oleh google adsense untuk para publishernya, berikut akan dijabarkan dibawah

1. Page view
Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil, sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan dengan julah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, semakin banyak impression maka itu menunjukan bahwa halaman dalam blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Page View / Page impression atau impressi bisa kita terjemahkan “Tampilnya halaman”, adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs, nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja adalah 10.

2. CPC (Cost Per Click)
Google tentunya merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang bisa mersakan berapanilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun sudah banyak beberapa alat yang dapt kita manfaatkan untuk meriset kata kunci yang berpotensi nilai cpc-nya tinggi

CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.

3. CTR (Click throught rate)
CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditampilkan: klik ÷ tayangan = CTR. Misalnya, jika Anda memiliki 5 klik dan 100 tayangan, CTR Anda adalah 5%. Setiap iklan dan kata kunci memiliki CTR masing-masing yang dapat Anda lihat tercantum di akun.

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.

4. RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
Pendapatan laman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000. Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, maka BPSe laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

5. Estimated Earning
Estimated Earnning adalah taksiran penghasilan yang akan kita terima dari unit iklan yang kita pasang pada blog atau website, yang dihitung berdasarkan jumlah klik serta tampilan tayangan, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh

Demikian Artikel kali ini semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar