Skip to main content

Memahami kinerja mesin Diesel kapal

Pada sebuah kapal, sangat penting untuk memeriksa kinerja mesin dari waktu ke waktu sehingga untuk memastikan kondisi kerja dan menemukan kesalahan.
Dikapal yg lama mungkin kinerja mesin diesel dipantau secara manual, tetapi dengan kemajuan teknologi, sistem monitoring otomatis sudah banyak di aplikasikan pada kapal.

Jenis sistem monitoring mesin diesel diatas

Dengan bantuan sistem Monitoring, kinerja mesin diesel dapat diambil dengan mudah dan dalam waktu singkat. Teknologi baru ini menyediakan dua jenis sistem Monitoring.

Pada sistem pertama, kinerja diesel dipantau secara terus menerus yg biasanya dengan demikian dikenal sebagai pemantauan online. Sedangkan dalam sistem kedua, perwira jaga harus secara manual meletakkan instrumen pada kepala silinder, menghubungkan kabel ke sensor rpm dan mengambil data secara manual dan kemudian mentransfer ke komputer. Umumnya pada kapal, mesin utama memiliki sistem kinerja diesel online sedangkan untuk Generator Diesel memiliki sistem manual.

Jenis sistem yang akan dipasang tergantung pada perusahaan dan jenis kapal dan mesin. Sistem otomatis cukup mahal dari pada manual. Dalam sistem otomatis kinerja diesel dapat dilihat dari jarak jauh di ruang kontrol dan juga di kabin Chief Engineer. Sistem ini juga menyediakan beberapa grafik yang secara tepat menganalisa kondisi mesin.

Grafik menyediakan mirip dengan indikator dan diplot oleh sistem manual. Mereka membantu dalam mencapai operasi yang handal dan efisien dari mesin kapal Dari grafik yang diperoleh, berbagai karakteristik seperti mesin Timing, tekanan kompresi, silinder output dll dapat dianalisis.

Mereka juga memberitahu kita Apakah mesin seimbang atau jika beberapa unit kelebihan beban. Grafik juga menunjukkan jika waktu harus disesuaikan, informasi tentang Cincin piston bocor dll, sehingga memberikan perawatan yang diperlukan dan penyesuaian untuk menghindari kegagalan mesin atau kerusakan pada mesin.

Umumnya, kinerja mesin utama dan mesin bantu diambil sekali setiap bulan dan laporan tersebut kemudian dianalisis.

Keadaan Darurat

Untuk keadaan darurat, metode lama untuk memeriksa kinerja diesel disimpan sebagai metode siaga. Hal ini dilakukan dengan mengingat, sistem monitoring kegagalan dan kurangnya suku cadang untuk perbaikan.

Laporan kinerja diesel disimpan sebagai catatan sehingga dapat dibandingkan dengan laporan terbaru dan tren dapat diperiksa untuk menganalisis jika kinerja diesel telah memburuk atau membaik. Jika laporan menunjukkan tren menurun, maka pemeliharaan dilakukan dan bagian yang diperlukan diganti atau disesuaikan.

performa yg baik pada mesin diesel mengkibatkan :
1) efisien dan dapat diandalkan operasi mesin.
2) membantu dalam menghemat bahan bakar dan mengoptimalkan SFOC (konsumsi bahan bakar minyak tertentu.
3) membantu dalam memprediksi perbaikan yang diperlukan dan mencegah kegagalan mesin.
4) membantu dalam mengurangi biaya suku cadang dan meningkatkan waktu antara overhauls.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar