Skip to main content

Tentang kemudi kapal dan jenis jenisnya

Kemudi merupakan seuatu alat yang berperan penting pada sebuah kapal, sama halnya dengan stering kendaraan yang berfungsi untuk menentukan arah kendaraan Oleh karena itu, kemudi harus memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk keselamatan dan kepentingan serta persyaratan yang disyaratkan dalam SOLAS 74 aturan 29 Bab II tentang perangkat kemudi.
Roda kemudi adalah bagian dari susunan roda kemudi yang berfungsi menahan pergerakan daun kemudi tidak melebihi batas efektif kanan dan kiri 30 º / 35 º dari daun kemudi harus bisa menyimpang dari posisi tengah ke tengah. maksimum kanan dan kiri dalam 28 detik.
Nok Steering ditempatkan:
Pada pria dan wanita staples atas dan bawah
Di kuadran setir.

A. PERSYARATAN KEMUDI

1. Kapal penumpang dan kapal barang.
a. Sebuah. kemudi utama harus memiliki kekuatan yang cukup dan jika kapal dengan kecepatan ekonomi maksimum dapat mengemudikan kapal dengan aman dan layak / baik.
b. Kapal - Kapal harus dilengkapi dengan perangkat kemudi utama (steering gear) dan perangkat kemudi bantu (gear tambahan bantu) yang memenuhi persyaratan oleh administrasi (Instansi Pemerintah)
c. Susunan kemudi utama dan poros kemudi harus dibangun sedemikian rupa, agar tidak mengalami kerusakan saat kapal bergerak mundur dengan kecepatan maksimal.
d. Perangkat kemudi bantu harus memiliki kekuatan yang tepat untuk menggerakkan kapal dengan kecepatan tertentu untuk dapat berlayar dan digunakan dalam keadaan darurat.

2. Kapal penumpang.
a. Sebuah. Roda kemudi utama saat kapal bergerak dengan kecepatan ekonomi maksimum, harus menyimpang 35º ke kiri / kanan dalam 28 detik (Dari posisi> tengah-> 35º> tengah-tengah> kanan 35º> tengah-tengah).
b. Perangkat kemudi bantu harus dapat dipindahkan dengan daya tertentu sesuai dengan persyaratan administrasi (lembaga pemerintah) dan dengan diameter poros kemudi pada posisi roda gigi berukuran lebih dari 9 "(228,6 mm)
c) Jika unit daya perangkat kemudi utama dipasang secara ganda seperti yang dipersyaratkan oleh pemerintah, dan setiap unit daya dapat membuat perangkat kemudi sesuai dengan ketentuan ayat 1 paragraf ini, perangkat kemudi tambahan tidak diperlukan.

d. arana yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah harus dilengkapi untuk memfasilitasi pengiriman sinyal dari jembatan ke ruang perangkat kemudi

B. JENIS KEMUDI

1. Olah gerak teratur teratur
Kemudi biasa adalah roda kemudi yang seluruh roda kemudinya berada di belakang poros pemintalan. Kemudi ini umumnya dipasang di kapal kecil dan yang memiliki baling-baling tunggal.
Sebuah kapal biasa olah gerak dengan satu plat
a. Kemudi biasa plat tunggal adalah kemudi biasa di mana konstruksi hanya terdiri dari plat tunggal atau plat lembaran.
b.Piring ganda pengemudi biasa
Kemudi biasa Plat ganda adalah kemudi biasa di mana konstruksi terdiri dari beberapa pelat atau pelat sehingga ada rongga di dalamnya.

2. Balanced Driving / Ballance
a. Kemudi yang seimbang adalah setir yang meninggalkan setir sebagian di belakang poros pemintalan, sementara sebagian kecil di depan poros pemintalan.
Sebuah. Driver semi-seimbang / Semi Balance
Bagian dari roda kemudi di depan poros yang berputar lebih kecil dari 20%
b. Olah gerak dengan keseimbangan penuh / Keseimbangan Penuh
Bagian kemudi yang berada di depan poros adalah 25% hingga 30% sedangkan sisanya di belakang poros.

3.Kemudi Patent
Kemudi patent adalah adalah kemudi yang dimana kontruksinya dibuat berdasarkan penelitian ( research) lalu di patentkan. Penelitian ini dibuat berdasarkan pertimbangan untuk mencapai efisiensi/ rendemen kemudi yang lebih besar.

A.Kemudi OERTZ
Kemudi ini terdiri dua bagian yaitu sungkup kemudi yang tetap ( yang berfungsi sebagai linggi kemudi ) dan bagian kemudi yang berputar ( Bagian ini terletak dibelakang sungkup kemudi yang tetap )

B.Kemudi SIMPLEX
Ukuran dan profil dari bagian kemudi yang terletak didepan dan dibelakang sumbu putarnya dibuat sedemikian rupa sehingga resultante tekanan air yang bekerja pada kemudi untuk seberabg kedudukan kemudi akan melalui sumbu putarnya. Kemudi ini mempunyai bentuk penampang stream line, sehingga pada kemudi dengan kedudukan tengah- tengah hambatan gesekannya adalah minimal.

Keutntungan dari kemudi Simplex adalah
  • Kemudi lebih ringan.
  • Kemudi tidak merewang
  • Menghasilkan lingkar putar yang kecil.

C.Kemudi STAR CONTRA
Kemudi ini dipasang dengan baling- balung star contra yakni baling- baling berdaun tetap ( Bukan pitch baling- baling ) yang dipasang didepan linggi kemudi. Daun baling- baling dari kemudi ini mempunyai bentuk sedemikian rupa sehingga gerak pusaran dari air baling- baling yang terletak kebelakang itu diubah arahnya sehingga arahnya benar- benar lurus kebelakang sehingga kecepatan kapal bertambah. Selain itu bahan bakar lebih hemat.

Keuntungan dari kemudi STAR CONTRA adalah sebagai berikut :
Lebih hemat bahan bakar, sebab hambatan air lebih kecil sedang pengaruh baling- baling adalah lebih besar.
Kemudi bekerja lebih efektif
Haluan kapal tidak merewang.
Sistem bekerja dapat dibuat lebih ringan, sebab resultan tekanan air bertitik tangkap sangat dekat dengan sebelah belakang poros putar kemudi.

D.Kemudi CONTRA GUIDE
Kemudi ini terdiri dari dua bagian yaitu yakni bagian atasdan bagian bawah, Bagian atas menyerong ke kanan dan bagian bawah menyerong ke kiri, dari kontruksinya ada yang berimbang dan ada yang kemudi berplat tunggal dan kemudi berplat ganda.

E.Kemudi AKTIP ( Active Rudder )
Kemudi ini dikembangkan di Jerman, Pada bagian belakang kemudi ini dipasang sebuah baling- baling kecil berfungsi untuk mendorong buritan kearah yang sama dengan dorongannyayang diperoleh oleh simpangan kemudi.
f.Kemudi NEISTERN.

C.CARA MENGGANTIKAN DAUN KEMUDI 

  • Kemudi dicikar kanan atau ke kiri dan ditahan dengan takal di lambung.
  • Baut dan flens Kopling dilepas/ dibuka.
  • Kwadran kemudi dilepas atau diangkat dan di ganjal kayu
  • Baji (Spie) di buka.
  • Baut- baut kemudi dan pengunci dibuka/ dilepas.
  • Kencangkan tali pada block penahan.

Kemudi didorong dari bawah. Sebelum kemudi dicikar sebaliknya. Mendorong kebawah ini maksudnya agar plat taats terlepas lalu baut tats terlepas dan bisa dibuka.
Dan kemudi bisa dilepas
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar