Skip to main content

Bow Thruster dan cara kerjanya pada kapal

Kecakapan Olah gerak kapal memang sangat diperlukan terlebih lagi jika kapal berukuran besar, diera zaman modern ini telah banyak perusahaan galangan kapal membuat inovasi baru untuk memudahkan dalam bermanuver, tentunya yg akan kita bahas dalam artikel ini

Mengolah gerak kapal dalam arus, angin dan pasang surut selalu merupakan kegiatan yang sulit. Ketiga faktor ini nantinya dapat menggeser kapal dari jalurnya. Seorang perwira kapal harus memantau efek ini dan terus mengambil langkah korektif untuk navigasi kapal yang aman.

Olah gerak dalam angin kencang dan situasi pasang surut umumnya dibantu dengan penandaan - apakah penarik penarik yang memberikan kekuatan kapal untuk melawan penyimpangan lateral. Ini merupakan bantuan tambahan untuk mesin, kemudi dan pendorong kapal yang ada (jika dipasang).

BT selalu di sisi bawah. Yang terbaik adalah menyimpan kurang dari 2 knot di sebagian besar keadaan. Haluan yang memberikan gaya atau gerakan lateral, hanya efektif ketika kecepatan berada di sisi bawah. Mereka mengurangi dampak kapal ketika jatuh di dermaga atau tempat berlabuh.
Bow Thruste on Ship
Ketika menyandarkan haluan di dermaga, umumnya haluan dijalankan ke pelabuhan atau kanan, karena kasus ini memungkinkan sehingga penyandarannya terbatas dan garis aman dilewati dengan naik turun garis, sehingga kapal aman dari bahaya tubrukan

Ketika sebuah kapal dibawa mundur, biasanya dilakukan oleh petugas kapal ketika dia mendekati dermaga, buritan kapal mengarah ke pelabuhan atau ke kanan. Akibatnya haluan mengarah ke arah yang berlawanan, yaitu kanan atau pelabuhan. Efek ini disebut canting.

Untuk kapal dengan baling-baling kanan, yaitu untuk baling-baling yang berputar searah jarum jam ketika kapal bergerak maju, buritan dapat diayunkan (diayunkan) ke pelabuhan dan membungkuk ke kanan. Sebaliknya terjadi pada baling-baling kiri. Pada tahap ini bow thruster dapat dimainkan. Busur pada case pertama diberikan ke pelabuhan sehingga arah haluan ke kanan terbatas sedangkan case kedua diberikan kanan.

Sekarang haluan penguat digerakkan oleh mesin. Kekuatan bow thruster umumnya tergantung pada kekuatan mesin. 800 hingga 1000 HP Bow Thruster (BT) cukup efektif untuk dipasang ke kapal yang memiliki LOA 150-160 m dan balok 22-25 m dengan GRT sekitar 10.000-12.000. Itu dapat melawan 3-4 angin Beaufort (11 knot) lepas pantai dengan mudah ketika berlabuh.

Di daerah dengan kecepatan angin yang lebih tinggi dan kapal yang memiliki LOA dan GRT yang lebih tinggi, diperlukan bow thruster (BT) yang lebih kuat.

Bow thrusters (BT) umumnya dipasang untuk menggantikan penggunaan kapal tunda, yang disewa oleh kapal yang datang ke pelabuhan. Ini mengurangi biaya operasi kapal. Tetapi di beberapa pelabuhan, menyewa tug adalah wajib. Dalam hal ini, BT bekerja sebagai bantuan tambahan untuk pilot kapal.

Saat berlabuh, BT juga memainkan peran penting, sehingga sambil berputar. Saat berlabuh, haluan disimpan pada jarak dari rantai jangkar menggunakan BT.

BT memainkan peran penting. Di ruang terbatas, seperti di dermaga padat, kapal harus menghidupkan porosnya. Dalam kasus seperti itu, kapal berhenti dan dengan bantuan baling-baling baling-baling, haluan kapal berbalik ke pelabuhan atau ke kanan, memutar buritan.

Terkadang, buritan juga diputar dengan kemudi dan mesin. Namun yang secara umum dipertimbangkan dalam kasus ini adalah kecenderungan alami kapal untuk tidak dapat mundur. Jika perahu memiliki baling-baling kanan, haluan kapal akan berbelok ke kanan, sementara mesin mundur. Karena itu, selalu disarankan untuk memutar kemudi kearah kanan karena ketika terlalu dekat, kapal akan terus berputar ke arah yang diinginkan.

Saat mencadangkan, disarankan untuk menarik tali di buritan dan menggunakan penguat busur bila dan saat diperlukan. Tarikan meluruskan buritan saat menarik dan semua efek mendorong silang dinetralkan.

Penutup
Bow thruster memainkan peran penting dalam manuver kapal. Tetapi bagaimana dan kapan itu harus digunakan tergantung pada pengalaman yang harus diperoleh di lapangan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar