Skip to main content

Jenis Jenis Alarm Diatas kapal

Keadaan darurat diatas kapal dan dilaut tidak datang dengan alarm, tapi sinyal keadaan darurat dan alarm dapat membantu kita untuk mengatasi krisis atau untuk menghindari keadaan darurat secara efisien dan dengan cara yang benar.
Sinyal atau alarm keadaan darurat pada kapal dipasang di berbagai tempat yg strategis dan tempat yg mudah dilahat serta dapat didengar oleh crew kapal yg gunanya untuk mengetahui situasi berbahaya yang akan dan sedang terjadi diatas kapal
Alarm darurat dapat didengar seperti halnya jenis visual komunikasi lainnya yg ada pada kapal, hal ini merupakan standar dalam industri maritim internasional yg telah ditetapkan dalam (IMO) yg menyatakan bahwa setiap kapal wajib memiliki atau memasang alarm dan komunikasi visual keadaan darurat diatas kapal
Alarm di kapal
Kesamaan ini membantu pelaut untuk mengetahui dan memahami jenis peringatan / darurat atau mengirimkan alarm darurat dengan baik dan membantu mengatasi situasi lebih cepat.
Jenis Alarm di Kapal
jenis alarm darurat atau sinyal di atas kapal yang dipasang untuk memberikan peringatan audio-visual:

1)  Alarm Umum :
Alarm darurat umum pada kapal dikenali oleh 7 pendek dan 1 kali panjang atau menggunakan sinyal klakson kapal dari 7 ledakan pendek diikuti oleh 1 ledakan panjang.
Alarm umum di sebuah kapal dibunyikan untuk memberi tahu para crew di atas kapal bahwa telah terjadi keadaan darurat seperti kebakaran , tabrakan , kamdas, atau sebuah skenario yang dapat menyebabkan kapal ditinggalkan, dll.
Titik aktivasi sistem alarm umum kapal terletak di anjungan navigasi. Setelah sinyal alarm umum onboard diaktifkan; yaitu tujuh pendek (7 ledakan pendek 1), setiap awak kapal harus mengikuti instruksi dan tugas yang tercantum dalam daftar kerteran dan melanjutkan ke stasiun radio pantai yang ditunjuk,
Tindakan yang harus diambil oleh kru setelah mengirimkan alarm umum:
Lanjutkan ke stasiun kerahkan yang ditunjuk
Dengarkan sistem Public Addressing (PA) untuk tipe darurat (biasanya diumumkan oleh OOW, Chief officer atau Captain) yang mengarah ke alarm umum di kapal
Setelah keadaan darurat diketahui, anggota crew kapal harus mengelompokkan kembali sesuai Pasukan dan mengambil tindakan korektif untuk mengatasi situasi sesuai rencana pengumpulan.

2) Alarm Kebakaran di Kapal:
Setiap kali ada kebakaran yang terdeteksi pada kapal oleh crew atau penumpang ia harus menaikkan sinyal alarm di atas kapal dengan menekan sakelar api terdekat atau dengan keras dan terus-menerus meneriakkan "KEBAKARAN". Sinyal onboard alarm kebakaran dibunyikan sebagai suara terus-menerus bel listrik kapal atau terus-menerus membunyikan klakson kapal.
Sinyal kebakaran pada kapal harus berupa suara terus menerus dari peluit atau bel listrik selama tidak kurang dari 10 detik. Namun, di sebagian besar kapal, sinyal kebakaran dibunyikan terus menerus, Tindakan yang harus diambil oleh crew kapal setelah mengirimkan alarm kebakaran:
Lanjutkan ke stasiun pemadam kebakaran
Konfirmasikan lokasi api
Lakukan tugas yang tercantum dalam daftar kerahkan sesuai tim yang ditugaskan
Berbagai Jenis Alat Pemadam Api yang Digunakan di Kapal
Panduan untuk Pompa Kebakaran di Kapal

3) Man Overboard Alarm :
Ada banyak situasi ketika seorang crew yang bekerja di sisi kapal atau penumpang di sebuah kapal pesiar jatuh di air atau dilaut lepas. Ketika seorang pria jatuh ke laut, sinyal suara alarm ke laut  diaktifkan di kapal.
Sinyal suara alarm MOB terdiri dari bel alarm internal kapal untuk 3 dering panjang untuk memberi tahu awak kapal, bersama dengan 3 suara kalakson panjang pada peluit kapal untuk menginformasikan kapal-kapal lain di sekitarnya.
Seseorang yg jatuh kelaut, sinyalnya terdiri dari cahaya dan asap juga dapat dipasang di anjungan, melekat dengan sisi pelampung, yang ketika dilemparkan di dalam air akan memancarkan asap dan cahaya untuk menarik perhatian awak kapal atau kapal lain di sekitarnya.

4) Abaikan Alarm Kapal :
Ketika keadaan darurat di atas kapal keluar dari tangan dan kapal tidak lagi aman untuk awak di atas kapal, sinyal untuk meninggalkan kapal diberikan secara lisan oleh master ke stasiun yang bertanggung jawab atau kru di Personal Addressing (PA) sistem.
Lebih dari enam ledakan pendek dan satu ledakan berkepanjangan pada peluit kapal dan sinyal yang sama pada bel alarm umum digunakan sebagai meninggalkan alarm kapal atau sinyal suara di atas kapal. Namun, alarm berbunyi mirip dengan alarm umum, dan semua orang datang ke stasiun darurat di mana kapten atau penggantinya (Chief Officer) memberikan perintah untuk meninggalkan kapal.
Tindakan yang harus diambil oleh awak kapal setelah Abaikan kapal diumumkan atau terdengar:
Bawa pakaian selam Anda ke stasiun kerahkan yang ditunjuk
Bawalah barang-barang tambahan (Selimut / ransum / air, dll.) Sebagaimana dinyatakan dalam tugas yang tercantum dalam daftar tugas keadaan darurat
Hindari mengambil rute yang lebih panjang dan rute dari dalam akomodasi ke stasiun kerahkan
Tunggu perintah master untuk meninggalkan kapal

5) Navigational Alarm
Di anjungan navigasi, sebagian besar peralatan navigasi dan lampu navigasi dilengkapi dengan alarm. Jika salah satu dari malfungsi ini, sinyal alarm kapal pada anjungan akan dibunyikan yang detailnya (lokasi, peralatan yang terkena dampak, jenis masalah, dll.) Akan ditampilkan pada layar pemberitahuan yang disediakan pada panel navigasi anjungan.
Tindakan yang harus diambil oleh kru setelah alarm navigasi dibunyikan:
Periksa peralatan mana yang perlu diperhatikan alarm
Coba cari kesalahan yang disebabkan oleh alarm
Perbaiki kesalahan atau alihkan peralatan siaga jika perlu

6) Mesin Alarm Ruang:
Ruang mesin kapal dilengkapi dengan berbagai mesin yang terus dipantau untuk operasinya menggunakan sistem kontrol dan pemantauan.
Mesin di ruang mesin memiliki berbagai perangkat keselamatan dan alarm yang dipasang untuk operasi yang aman. Jika salah satu dari kerusakan mesin ini, alarm ruang mesin umum dioperasikan dan masalahnya dapat dilihat di panel alarm ruang kontrol yang akan menampilkan alarm.
Tindakan yang harus diambil oleh crew setelah alarm ruang mesin berbunyi:
Periksa mesin / sistem alarm mana yang harus diperhatikan
Coba cari kesalahan yang disebabkan oleh alarm
Perbaiki kesalahan atau alihkan mesin siaga jika perlu

7) Mesin Space CO2 Alarm:
Ruang mesin dilengkapi dengan sistem pemadam api tetap CO2. Alarm suara dan visual untuk sistem pemadam kebakaran tetap CO2 sepenuhnya berbeda dari alarm ruang mesin dan sinyal alarm kapal lainnya untuk memudahkan reorganisasi.
Alarm yang dapat didengar harus ditempatkan sehingga dapat didengar di seluruh ruang yang terlindungi dengan semua mesin yang beroperasi, dan alarm harus dibedakan dari alarm yang dapat didengar dengan menyesuaikan tekanan suara atau pola suara.
Alarm harus diaktifkan saat membuka pintu lemari rilis yang digunakan untuk membuka dan melepaskan bank botol CO2 .

8) Cargo Space CO2 Alarm:
Ruang kargo kapal juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran tetap yang memiliki alarm berbeda saat dioperasikan. Alarm suara dan visual untuk sistem pemadam kebakaran tetap CO2 sepenuhnya berbeda dari alarm kapal lainnya, alarm suara harus dibedakan dari alarm lain di kapal dengan menyesuaikan tekanan suara atau pola suara.
Tindakan yang harus diambil oleh kru setelah alarm navigasi dibunyikan:
Hitung jumlah kepala kru
Pastikan ruang kargo disegel dan tidak ada awak di dalam
Pastikan semua sistem ventilasi untuk kargo ditahan
Baca Terkait:  8 Kesalahan yang Seharusnya Tidak Pernah Anda Buat Saat Menangani Sistem Pemadam Kebakaran CO2

9) Sistem Alarm Keamanan Kapal:
Sesuai peraturan SOLAS Bab XI XI-2/5, semua kapal harus dilengkapi dengan sistem peringatan keamanan kapal. Sistem Alarm Keamanan Kapal (SSAS) adalah sistem alarm diam yang berbunyi dalam keadaan darurat serangan bajak laut. Ketika SSAS diaktifkan, tidak ada alarm berbunyi di atas kapal, juga tidak memperingatkan kapal lain di sekitarnya. Sinyal ini memberi tahu otoritas pantai yang berbeda atau otoritas yang kompeten, yang kedekatannya dengan kapal saat ini beroperasi melalui sistem satelit global untuk menginformasikan tentang pembajakan.
Sinyal Alarm yang berbeda dari kapal secara jelas dijelaskan dalam daftar bersama dengan tindakan yang harus dilakukan sehingga semua anggota awak dapat melakukan tugas mereka dalam waktu singkat dalam keadaan darurat yang sebenarnya. Sangatlah penting bagi pelaut untuk mengetahui jenis-jenis alarm yang berbeda dalam sebuah kapal dan untuk mengenali keadaan darurat yang diwakilinya.

Penutup
Demikian artikel tentang jenis - jenis alarm diatas kapal semoga dengan terbiynya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua

Keyword :: Alarm kapal
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar