Skip to main content

Contoh karya tulis D3 Nautika pada kampus Amni Semarang

Karya tulis adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk tulisan. Yang merupakan hasil dari sebuah penelitian, pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis.
KTI atau biasa disebut dengan nama Karya Tulis Ilmiah,merupakan salah satu bentuk tugas yang biasa di berikan oleh para dosen di dunia pendidikan saat ini.khususnya mereka yang sudah memasuki jenjang perkuliahan .
Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah
Karakteristik artikel ilmiah yang membedakannya dari tulisan non-ilmiah meliputi:
  • Mengacu pada teori sebagai landasan pemikiran (framework) dalam pembahasan masalah.
  • Sederhana -  tidak emosional, hanya makna, tidak menyebabkan interpretasi lain.
  • Logis -  diatur dalam urutan yang konsisten
  • Efektif - padat dan padat.
  • Efisien - hanya menggunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dimengerti.
  • Tujuan berdasarkan fakta - semua informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya, pada kenyataannya, dan konkret.
  • Sistematis - penulisan dan diskusi sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.
Jenis Jenis KTI

1. Artikel (jurnal ilmiah)
Dalam istilah jurnalistik, artikel adalah tulisan yang berisi opini subjektif penulis tentang suatu masalah atau peristiwa. Dalam konteks ilmiah, artikel adalah karya tertulis yang dirancang untuk diterbitkan dalam jurnal atau buku, kumpulan artikel yang ditulis menurut prosedur ilmiah dan sesuai dengan pedoman atau konvensi ilmiah yang disepakati. Artikel ilmiah diambil dari temuan penelitian, refleksi dan ulasan literatur atau hasil pengembangan proyek.
Untuk mendownload silahkan klik tombol dibawah

2. Makalah
Ini adalah artikel ilmiah yang menyajikan masalah yang pembahasannya didasarkan pada data empiris-objektif di lapangan. Makalah biasanya disajikan dalam seminar atau disajikan di kelas (kuliah). Dapat juga diartikan sebagai karya ilmiah seorang siswa pada mata pelajaran tertentu yang dicakup dalam konteks konferensi. Komunikasi siswa umumnya merupakan salah satu prasyarat untuk menyelesaikan konferensi, baik dalam bentuk studi sastra dan hasil kuliah lapangan.

3. Kertas kerja
Kertas kerja atau kertas kerja pada prinsipnya sama dengan kertas kerja, tetapi dikembangkan dengan analisis yang lebih mendalam dan terperinci dan disajikan di seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh para ilmuwan. Dokumen kerja adalah referensi untuk tujuan tertentu dan dapat diterima atau ditentang oleh forum ilmiah.

4. kertas
Merupakan istilah khusus untuk karya akademik (siswa) yang berkaitan dengan pembelajaran dan pendidikan sebelum akhir tingkat pendidikan (Diploma / S1 / S2 / S3). Sistem penulisan ini sama dengan sistem artikel atau artikel, sesuai dengan arahan yang berlaku di setiap perguruan tinggi.

5. Tesis
Merupakan artikel ilmiah bagi siswa untuk menyelesaikan tingkat Sarjana mereka. Tesis ini berisi tulisan sistematis yang mengungkapkan pendapat penulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris dan objektif, baik berdasarkan penelitian langsung (pengamatan lapangan atau eksperimen laboratorium), kontribusi materi juga diperlukan dalam bentuk penemuan baru dalam hal prosedur pekerjaan, proposal atau undang-undang tertentu tentang aspek tertentu. atau lebih di bidang spesialisasinya.

6. Disertasi
Juga disebut "tesis doktoral" adalah artikel ilmiah yang terdiri dari siswa yang menyelesaikan gelar S3 (memperoleh gelar doktor / dokter) dan yang mengusulkan proposal yang dapat dibuktikan oleh penulis pada database valid dan faktual dengan analisis terperinci). Tesis ini berisi kesimpulan penulis sendiri, dalam bentuk penemuan asli.

7. Artikel ilmiah populer
Selain tujuh jenis literatur ilmiah, ada juga artikel ilmiah populer, yaitu artikel ilmiah yang ditulis dalam gaya bahasa populer (bahasa media / bahasa jurnalistik) dan untuk dipublikasikan di media (surat kabar, jurnal, tabloid). ). Tidak seperti artikel ilmiah, artikel ilmiah populer tidak sepenuhnya terkait dengan aturan penulisan ilmiah. Artikel ilmiah ditulis lebih umum untuk konsumsi publik. Nama sains populer karena ditulis bukan untuk tujuan akademis, tetapi untuk "dikomunikasikan" kepada publik melalui media.

Artikel ilmiah populer dapat merupakan hasil penelitian ilmiah, tetapi disajikan dengan cara yang lebih ringkas dan lebih sederhana, mereka juga dapat dikembangkan berdasarkan pemikiran deduktif atau induktif, atau kombinasi keduanya yang dapat "dibungkus" Dengan pendapat penulis. Tidak jarang artikel ilmiah populer ini juga disebut saran ilmiah.

Untuk mendownload filenya silahkan klik tombol download dibawah
Download
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar